Skip to main content

FUNGSI DAN TATACARA PENGAMANAN SERVER LAYANAN

RANGKUMAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN BAB 14
XII TKJ-2
SMK ISLAM 1 BLITAR




Disusun Oleh:
Gilang RB (16)
Moch Ikhsanudin (18)



BAB 14 : Fungsi dan Tatacara Pengamanan Server Layanan   
1.    Pengertian, jenis dan fungsi server layanan
2.    Langkah-langkah pengamanan pada server layanan
3.    Analisis fungsi dan tata cara pengamnan server layanan
Pembahasan Materi
A.       Pengertian, Jenis Dan Fungsi Server Layanan
Komputer Server adalah salah satu infrastruktur yang paling penting dalam organisasi manapun seperti kita contohkan Kaskus.com, salah satu forum (website) terbesar yang ada di Indonesia menangani load jutaan hit per hari atau ratusan ribu hit per detik. Kaskus.com diharuskan memiliki server yang cukup banyak. beban request akan didistribusikan ke server-sever tersebut.
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.  Sebuah komputer yang didesign khusus baik dari segi hardware maupun dari segi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk kebutuhan akan permintaan komputer client dalam sebuah jaringan, biasanya komputer server mempunyai tugas penting dalam jaringan komputer sebagai pengatur lalu lintas data serta penyedia resource untuk digunakan oleh komputer – komputer client. (mwn, 2015)

Jenis Server
1.   WebServer
Apa itu Web Server? Web server adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol Hypertext Transfer Protocol Secure (https) atau Hypertext Transfer Protokol (HTTP) yang dapat diakses dengna menggunakan browser.
Cara kerjanya secara sederhana yaitu web server akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten tersebut kembali dalam bentuk gambar, tulisan atau bentuk lainnya. Kemudian nantinya akan ditampilkan pada browser.



2.   FTP Server
Apa itu FTP Server? FTP Server adalah suatu SERVER yang menjalankan software untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut akan selalu siap memberikan layanan FTP apabila ada permintaan dari FTP Client.

3.   Fax Server
Apa itu Fax Serrver? Fax Server adalah suatu solusi yang menggunakan server sebagai tempat penerimaan atau pengiriman fax.
Dan karena server tersambung ke semua jaringan, sehingga dengan demikian semua client yang tersambung dalam jaringan bisa menggunakan fax tersebut cukup dari komputernya masing-masing.
Bagaimana cara kerja fax server?
Fax server akan dinstall aplikasi fax serer yang berfungsi sebagai aplikasi management. Dan setiap komputer yang terhubung juga akan dinstall aplikasi versi client.
Di komputer Fax Server juga akan diinstall sebuah modem yang dihubungan dengan jaringan telp (direct line).
Dengan demikian fax akan bergungsi seperti layaknya kita mencetak (print). Contohnya saja jika kalian membuat sebuah penawaran dengan aplikasi MS.Word, setelah selesai kalian tinggal menekan tombol print, dan dengan otomatisnya fax server akan mengirim penawaran tersebut ke nomoner yang akan dituliskan.

4.   Mail Server
Apa itu Mail Server? Mai server merupakan suatu perangkat lunak program yang mendisribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email.
Mail server memiliki fungsi yaitu untuk melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surau-surat yang ada pun nantinya akan disimpan di dalam server mail tersebut.
Selain memiliki fungsi untuk menyediakan layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti web interface dimana ayanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki oleh client.

5.   File Server
Apa Itu File Server? File sever dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan.
Biasanya kapasitas yang dimiliki oleh server ini juga bergantung pada Hardisk yang ada pada server tersebut.

6.   Game Server
Apa itu Game Server? Game server merupakan server yang digunakan untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya.
Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga dibangun dari komputer client yang bermain game tersebut.

7.   DNS Server
Apa itu DNS Server? DNS Server merupakan Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer di rangkaian yang menggunakan TCP/IP.
DNS Server ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.

8.   Proxy Server
Apa itu Proxy Server? Proxy Server adalah sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan untuk content dari sebuah internet ataupun intranet.

9.   Database Server
Apa itu Database Server? Database sever merupakan sebuah program komputer yang menyediakan layanan database untuk program komputer lain. Database server juga dapat digunakan untuk beberapa kegiatan seperti analisis data, pengarsipan data, dan penyimpanan data.
Port yang biasa digunakan untuk database server yaitu 3306 (Mysql) dan 5432 (PgSQL).

10.            Print Server
Apa itu Print Server? Print server merupakan suatu alat atau komputer yang dihubungkan ke satu atau lebih printer dalam suatu jaringan, alat atau komputer tersebut nantinya akan menerima perintah print dari komputer.
Print Server mempunyai beberapa tugas, yaitu sbb:
1. Komputer yang terhubung dengan satu printer atau lebih yang di share.
2. Perangkat Dedicated yang terhubung dengan printer dalam suatu LAN, Port fisik (usb, paralel port atau serial).
3. Komputer yang mengimplementasikan Line Printer Daemon Protocl atau Mikrosoft Printing Protocol.

11.            Server Aplikasi
Apa itu Server Aplikasi? Server Aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
Server data sendiri digunakan untuk menyimpanan data baik digunakan client secara langsung atupun data yang diproses oleh server aplikasi.

12.            Streaming Media Server
Apa itu Steaming media sever? Steaming media server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstall di dalam sebuah server yang dapat digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau dengan streaming di internet (zayyan123, 2017)

Fungsi Server
1.     Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
2.     Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan semua komputer klien yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa perangkat keras maupun perangkat lunak/aplikasi.
3.     Bertanggung jawab dalam mengatur lalu-lintas data.
4.     Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
5.     Mengatur hak akses (permissions) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat dalam komputer server.
6.     Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien.
7.     Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien. (Aliya, 2017)

B.Langkah-Langkah Pengamanan Pada Server Layanan
1.    Nonaktifkan Layanan Yang Tidak Diperlukan
2.    Amankan Akses Secara Remote
3.    Gunakan Server Berbeda Untuk Eksperimen Dan Uji Coba
4.    Tetapkan Hak Akses
5.    Pasang Patch Secara Teratur
6.    Pantau Dan Periksa Server
7.    Nonaktifkan Pengguna Yang Tidak Aktif
8.    Hapus Modul Server Yang Tidak Terpakai
9.    Gunakan Scanner Untuk Mengecek Port Yang Terbuka (gzans, 2016)

Langkah Penanggulangan Serangan Pada Keamanan Komputer
Semuanya bermula ketika jaringan Anda terinfeksi malware, atau ada yang menyusup ke jaringan Anda dengan password cracking.
Anda telah kena hack - lalu apa yang selanjutnya harus dilakukan?
Jangan panik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil oleh perusahaan Anda untuk merespon dan melindungi dari serangan hacker.

1. Selalu Siap
( Jalankan rencana Anda. Siapkan rencana untuk setiap teknologi dalam bisnis Anda, bahkan sebelum memasang dan mengkonfigurasinya. Untuk mengembangkan suatu rencana, catat semua skenario yang dapat mengganggu bisnis Anda (keamanan, mati listrik, gangguan software atau hardware, dan lainya). Lalu pastikan bagaimana Anda akan mengatasi semua skenario, dan siapkan service contract, backup data, dan sumber daya lain yang mungkin Anda perlukan. Komunikasikan rencana Anda kepada pihak manajemen dan karyawan.
( Tidak memiliki rencana? Sampai Anda memiliki rencana, manfaatkan tenaga ahli profesional. Tenaga ahli profesional keamanan dengan kriteria Cisco Select Certified Partner dengan Spesialisasi Keamanan, Certified Information Systems Security Professional (CISSP), dan Computer Security Incident Handler (CSIH) yang disertifikasi oleh Computer Emergency Response Team (CERT).

2. Jangan Buat Kerusakan
( Menjaga Aset Bisnis. Pikirkan baik-baik sebelum mencabut kabel apapun. Jangan mematikan tombol power kecuali Anda ingin kehilangan data dan mengalami downtime. Jangan memutuskan semua koneksi internet bila hanya beberapa perangkat yang terserang.
( Bersikap tenang dan profesional yang menentukan tingkat reaksi untuk respon rasional.

3. Hubungi Pihak Luar
Seperti dikemukakan di awal, ancaman keamanan mungkin membutuhkan bantuan pihak eksternal.
( Jika insiden mempengaruhi prosedur bisnis Anda sesuai peraturan, Anda mungkin membutuhkan bantuan pemeriksa keamanan - seperti CSIH atau CISSP - yang akan mengarahkan respon terhadap ancaman keamanan.
( Jika perusahaan Anda ingin menuntut atas kerusakan yang terjadi, Anda mungkin perlu menghubungi unit cybercrime dari pihak yang berwenang, yang akan mengarahkan respon Anda.

4. Bergerak Cepat untuk Meringankan
( Mengumpulkan informasi dengan cepat untuk mengidentifikasi perangkat mana yang terserang dan dari alamat IP mana. Gunakan perangkat diagnostik yang dapat segera digunakan - seperti Cisco NetFlow record atau router traffic log, firewall log, pesan syslog, dan pengamatan Anda terhadap aktifitas-aktifitas yang tidak biasa, termasuk sistem yang bekerja lambat secara abnormal.

Identifikasi kerusakan yang terjadi dengan membandingkan konfigurasi perangkat dan data set dengan backup yang belum tercemar dan paling terakhir stabil.

( Menahan masalah dengan mengisolasikan aplikasi dan perangkat yang terkena serangan. Contoh, jika server email Anda mulai memuntahkan spam, Anda dapat menghentikan program tersebut atau memblokade semua outbound port 25 traffic di internet gateway Anda. Jika FTP server Anda Menghosting situs MP3 illegal, Anda dapat memutuskan layanan FTP atau memblokade semua koneksi inbound FTP.

5. Bersihkan dan Restore
·         Memprioritaskan sistem yang akan dipulihkan, berdasarkan prioritas bisnis.
·         Mereset password. Ubah password untuk semua perangkat, pengguna, dan aplikasi yang terserang. Jangan lupakan root password. Kunci atau ganti password dari default account.
·         Update semua software dengan patch terbaru.
·         Bersihkan data dan konfigurasi yang terserang dengan menggantikannya dengan backup terakhir yang masih bagus dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.
·         Jalankan kembali sistem untuk layanan - dan mulai memonitornya secara rutin. Sebagian malware (seperti Clampi, Conflicker, dan Storm) sebetulnya hanya tidak aktif ketika di 'removed,' menunggu sampai bertahun-tahun untuk kesempatan aktif kembali.

6. Mencegah serangan lain
·         Melindungi secara mendalam. Lindungi jaringan
·         Anda secara berkelanjutan dengan teknologi keamanan yang terintegrasi dan berlapis.
·         Meninjau celah keamanan Anda secara rutin dengan vulnerability scanner atau security audit) (Uzumaki, 2016)



DAFTAR PUSTAKA


Aliya, N. (2017, Agustus 02). Pengertian Server, Fungsi Server Beserta Cara Kerja dan Jenis-jenis Server. Retrieved from NESABA MEDIA: https://www.nesabamedia.com/pengertian-server-dan-fungsi-server/
gzans. (2016, September 9). PENGERTIAN SERVER LAYANAN. Retrieved from G'ZANS: http://advancedgamerz.blogspot.com/2016/09/pengertian-server-layanan.html
mwn. (2015, Oktober 21). MENGENAL PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS SERVER. Retrieved from Blog's MASTERWEB: http://blogs.masterweb.com/mengenal-pengertian-fungsi-dan-jenis-server/
Uzumaki, F. (2016, Agsutus 30). FUNGSI DAN TATA CARA PENGAMANAN SERVER LAYANAN. Retrieved from Fauzi Uzumaki 46: http://khuciyose.blogspot.com/2016/08/fungsi-dan-tata-cara-pengamanan-server.html
zayyan123. (2017, September 26). Pengertian Server | Fungsi Server | Jenis Server | Sistem Operasi Server. Retrieved from KASKUS: https://www.kaskus.co.id/thread/59fdb413529a45705b8b4569/pengertian-server--fungsi-server--jenis-server--sistem-operasi-server/



Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL KONVERENSI BILANGAN

KONVERSI BILANGAN 1.       Desimal ke Biner Cara mengkonversi bilangan biner ke desimal adalah dengan cara mengalikan satu persatu bilangan dengan 2 (basis bilangan biner) pangkat 0, pangkat 1 dan seterusnya sesuai dengan banyaknya bilangan biner yang akan di konversi dan perhitungannya dimulai dari bilangan biner yang paling kanan. Contoh :                                     88 (10) = … (2) ·           88/2 = 44 sisa 0 ·           44/2 = 22 sisa 0 ·           22/2 = 11 sisa 0 ·           11/2 = 5 sisa 1 ·           5/2 = 2 sisa 1 ·           2/2 = 1 sisa 0 Hasil Konversi : 1011000 2.       Desimal ke Octal Cara mengkonversi bilangan desimal ke Oktal adalah dengan cara membagi bilangan desimal dengan 8 (basis bilangan oktal) dan menyimpan hasil bagi dan sisa bagi dari setiap pembagiannya. Nilai konversinya adalah urutan hasil bagi yang terakhir kemudian sisa bagi dari yang terakhir hingga ke awal. Contoh : 1402 (10) = … (8) ·      1

KEBUTUHAN PERSYARATAN ALAT UNTUK MEMBANGUN SERVER FIREWALL

RANGKUMAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN BAB 6 XII TKJ-2 SMK ISLAM 1 BLITAR Disusun Oleh: Gilang RB (16) Moch Ikhsanudin (18) BAB 6 : Kebutuhan Persyaratan Alat Untuk Membangun Server Firewall Pengertian server firewall Filtering firewall Proxy   Peralatan pembangun firewall Pembahasan Materi A.        Pengertian Server Firewall Sebuah server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalam nya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu komponen, ke komponen yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas lain. Terlihat