Skip to main content

PENGUJIAN KEAMANAN JARINGAN, HOST DAN SERVER

RANGKUMAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN BAB 9
XII TKJ-2
SMK ISLAM 1 BLITAR


Disusun Oleh:
Gilang RB (16)
Moch Ikhsanudin (18)



BAB 9 : Pengujian Keamanan Jaringan, Host Dan Server :
1.    Prosedur dan cara pengujian keamanan jaringan
2.    Prosedur dan cara pengujian keamanan host
3.    Prosedur dan cara pengujian keamanan server

Pembahasan Materi
Serangan
     Serangan dapat didefinisikan sebagai penyerangan terhadap keamanan sistem oleh ancaman berkecerdasan atau aksi dengan metode dan teknik tertentu guna mengecoh sistem keamanan dan melanggar kebijakan keamanan sistem.
Serangan yang terjadi secara garis besar dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu :
1.   Active attacks
      Serangan jenis ini merupakan serangan dengan metode penyerangan secara langsung pada target komputer, pada umumnya berupa serangan terhadap ketersediaan dan layanan komputer server sehingga dapat berdampak pada integritas dan keaslian informasi pada sistem.
2.   Passive attacks
     Serangan jenis ini dilancarkan dengan tanpa mengganggu kondisi sistem. Metode yang dilakukan adalah dengan memantau lalu lintas paketdata yang ada kemudian dilakukan analisis berdasarkan frekuensi lalu lintas paket datatersebut.
Ditinjau dari sisi organisasi, serangan dapat juga dikategorikan menjadi dua, yaitu serangan dari pihak luar dan serangan dari pihak dalam. Serangan dari pihak luar adalah serangan yang berasal dari luar organisasi, pihak yang tidak memiliki hak akses mencoba untuk melanggar kebijakan keamanan.
Serangan dari pihak dalam merupakan serangan yang dilancarkan oleh pihak dalam organisasi yaitu orang yang memiliki wewenang atau hak akses namun disalahgunakan atau seseorang yang mencoba menaikkan tingkat hak aksesnya. (Rahayu, 2016)



A.       Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Jaringan
Ketika kita terhubung dengan jaringan pastinya kita akan berpikir bagaimana cara kita memastikan jaringan sudah terhubungan dengan jaringan yang lain. Ada 2 cara untuk mengujinya yaitu dengan cara hadware dan software.

Secara Hardware :
a.    Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warna hijau maka jaringan sudah oke.
b.    Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.
c.    Teslah kabel jaringan dengan tester, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut maka kabel jaringan dalam keadaan baik. (Faris, 2016)

Secara Software :
a.    Find computer pada neighbourhood indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan komputer name yang sesuai dengan pencarian jika computare namenya benar.
b.    Double klik pada ikon neighbour akan muncul komputer name,selain computer name milik kita sendiri
c.    Windows explorer pada drive network neighbour hood akan muncul computer name selain milik kita sendiri.
d.    Ping IP addres komputer lain, maka akan mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita. (bLog, 2016)

B.Prosedur Dan Cara Pengujian Keamanan Jaringan Host Dan Server

Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Fisik Jaringan
Dengan memberikan keamanan seperti memilih power supply yang baik dan memory yang cukup maka kinerja hard ware dapat berjalan dengan lancar , jaringan terbebas dari kendala pada hardware. Hal tersebut berpengaruh pada kelancaran kinerja jaringan pada komputer server maupun client .
Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Logic Jaringan dengan perangkat yang digunakan seperti Sistem Operasi Firewall, Anti Virus, dan Software Maintenance. Dengan software tersebut kita dapat melindungi komputer dari Malware atau software yang bersifat merusak seperti virus, dan konflik port pada komputer kita.

Proses Pengujian
Proses pengujian yang dilakukan adalah sebagai berikut:
·         Memastikan koneksi Host atau Client dengan DHCP,DNS File Sharing dan Printer Sharing dapat bekerja dengan baik
·         Memastikan host tersebut memiliki antivirus yang baik untuk membentengi host tersebut dari serangan dari luar
·         Memastikan firewall yang bekerja pada host tersebut berfungsi sebagaimana mestinya
Fungsi utama dari firewall adalah untuk memusatkan akses control antara jaringan terpercaya dan jaringan tidak terpercaya.Firewall memiliki fungsi keamanan berikut :
·         Melakukan pemblokiran terhadap lalul intas jaringan yang tidak diinginkan.
·         Mengarahkan lalu lintas yang masuk pada sistem internal yang lebih dapat dipercaya.
·         Menyembunyikan sistem yang rentan, yang tidak mudah diamankan dari internet.
·         Membuat log lalu lintas dari dan menuju jaringan pribadi.
·         Dapat memberikan sistem autentikasi yang kuat. (B, 2016)

IMPLEMENTESASI FIREWALL
Implementasi Firewall di Host
     Personal firewall didesain untuk melindungi komputer terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Implementasinya dengan menambahkan beberapa fitur pengaman tambahan seperti proteksi terhadap virus, anti spyware, anti spam.

Implementasi Firewall di Server
     Network firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan yang umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yaitu sebuah perangkat terdeteksi atau sebagai perangkat lunak yang diinstallkan dalam sebuah server. Implementasinya dengan Mocrosoft Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco Pix, Cisco ASA. (Sadja, 2018)



DAFTAR PUSTAKA


B, C. (2016, NOV 18). Pengujian keamanan jaringan host dan server. Retrieved from Selamat Datang: https://shinkun21.blogspot.com/2016/11/pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html
bLog, M. (2016, NOV 14). Pengujian Keamanan Jaringan, Host, dan Server (9). Retrieved from MYUS bLog: http://myusril77.blogspot.com/2017/01/pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html
Faris, N. (2016, NOV 17). Pengujian Keamanan Jaringan, Host, dan Server (9). Retrieved from nabil faris - efisien dan hemat energi :v: http://nabilfaris.blogspot.com/2016/11/pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html
Rahayu, E. (2016, NOV 17). IX. Pengujian Keamanan Jaringan, Host dan Server. Retrieved from ERn Blog: https://elisiarahayu13.blogspot.com/2016/11/ix-pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html
Sadja, R. (2018, FEB 19). Pengujian Keamanan Jaringan, Host dan Server. Retrieved from Rega22: https://rega22.blogspot.com/2018/02/pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html



Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL KONVERENSI BILANGAN

KONVERSI BILANGAN 1.       Desimal ke Biner Cara mengkonversi bilangan biner ke desimal adalah dengan cara mengalikan satu persatu bilangan dengan 2 (basis bilangan biner) pangkat 0, pangkat 1 dan seterusnya sesuai dengan banyaknya bilangan biner yang akan di konversi dan perhitungannya dimulai dari bilangan biner yang paling kanan. Contoh :                                     88 (10) = … (2) ·           88/2 = 44 sisa 0 ·           44/2 = 22 sisa 0 ·           22/2 = 11 sisa 0 ·           11/2 = 5 sisa 1 ·           5/2 = 2 sisa 1 ·           2/2 = 1 sisa 0 Hasil Konversi : 1011000 2.       Desimal ke Octal Cara mengkonversi bilangan desimal ke Oktal adalah dengan cara membagi bilangan desimal dengan 8 (basis bilangan oktal) dan menyimpan hasil bagi dan sisa bagi dari setiap pembagiannya. Nilai konversinya adalah urutan hasil bagi yang terakhir kemudian sisa bagi dari yang terakhir hingga ke awal. Contoh : 1402 (10) = … (8) ·      1

KEBUTUHAN PERSYARATAN ALAT UNTUK MEMBANGUN SERVER FIREWALL

RANGKUMAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN BAB 6 XII TKJ-2 SMK ISLAM 1 BLITAR Disusun Oleh: Gilang RB (16) Moch Ikhsanudin (18) BAB 6 : Kebutuhan Persyaratan Alat Untuk Membangun Server Firewall Pengertian server firewall Filtering firewall Proxy   Peralatan pembangun firewall Pembahasan Materi A.        Pengertian Server Firewall Sebuah server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalam nya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu komponen, ke komponen yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas lain. Terlihat

FUNGSI DAN TATACARA PENGAMANAN SERVER LAYANAN

RANGKUMAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN BAB 14 XII TKJ-2 SMK ISLAM 1 BLITAR Disusun Oleh: Gilang RB (16) Moch Ikhsanudin (18) BAB 14 : Fungsi dan Tatacara Pengamanan Server Layanan    1.     Pengertian, jenis dan fungsi server layanan 2.     Langkah-langkah pengamanan pada server layanan 3.     Analisis fungsi dan tata cara pengamnan server layanan Pembahasan Materi A.        Pengertian, Jenis Dan Fungsi Server Layanan Komputer Server adalah salah satu infrastruktur yang paling penting dalam organisasi manapun seperti kita contohkan Kaskus.com, salah satu forum (website) terbesar yang ada di Indonesia menangani load jutaan hit per hari atau ratusan ribu hit per detik. Kaskus.com diharuskan memiliki server yang cukup banyak. beban request akan didistribusikan ke server-sever tersebut. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosessor yang bersifat scal